SEMANGAT PERINGATAN 1 JUNI, LAHIRNYA PANCASILA

Setiap tanggal 1 Juni sebagai warga Negara Indonesia, wajib mensyukuri atas  hari kelahiran Pancasila di tengah pandemi Corona, momentum itu bisa kita jadikan sebagai dasar dalam mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Secara khusus sesuai ajakan Presiden Joko Widodo mari di tengah suasana pandemi covid-19 ini untuk meningkatkan kegotongroyongan dan persatuan sebagai bangsa dalam berperan mengatasi pandemi tersebut. Rasa persatuan dan kemanusiaan harus ditekankan pada setiap individu dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sesuai  tema yang diusung pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 adalah “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”. Gotong royong di tengah pandemi tidak hanya kita harus membantu memenuhi kebutuhan sesama. Gotong royong juga bisa diaplikasikan dengan perilaku kita agar disiplin. Memudahkan pemerintah dalam menanggulangi covid-19.

Pada dunia pendidikan semangat gotong royong menuju Indonesia baru dengan mewujudkan semangat Merdeka Belajar yakni mendorong hadirnya Sekolah Penggerak yang berkelanjutan dengan melibatkan peran serta organisasi. Fokus utamanya adalah peningkatan kualitas guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Mari pada peringatan lahirnya Pancasila ini kembali kita semua sadari bahwa Pancasila hadir tidak hanya menjadi dasar negara, tapi juga sebagai pemersatu bangsa dalam menghadapi segala tantangan. Untuk itu, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus diaktualisasikan dalam keseharian masyarakat.

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2020.Mari kita amalkan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari.Mari junjung tinggi persatuan dan kesatuan, jangan jadikan perbedaan sebagai penghalang kuatkan simpul-simpul persatuan dalam keragaman, menggalang semangat berbagi.Menebarkan kebajikan Pancasila sebagai wujud implementasi kelima sila dalam laku hidup di berbagai bidang. Salam NKRIā€¦.

Leave a Reply

Your email address will not be published.