PELATIHAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF

Pada hari Senin, 21 Juni 2021 di ruang komputer semua guru mendapatkan pelatihan terkait dengan pembelajaran kolaboratif antar pelajaran yang dibimbing oleh DR. Ninik Kristiani, M.Pd. Menurut Sr. Dorothea, SPM, M.Pd pada pembukaan pelatihan tersebut, beliau mengajak para guru untuk mulai mempersiapkan pembelajaran kolaboratif, karena pembelajaran tersebut memiliki teori interaksional yang memandang suatu belajar sebagai suatu proses membangun makna melalui suatu interaksi sosial.Metode kollaboratif dalam proses pembelajaran lebih menekankan membangun siswa dari psoses sosial yang bertumpu pada kontek belajar. Dikatakan demikian karena pada proses pembelajaran kollaboratif terjadi suatu persitiwa sosial dimana di dalamnya terdapat dinamika kelompok.

Palatihan mendesain pembelajaran kolaboratif dimulai dengan mengembangkan kata kunci dari 7 semangat pelajar Pancasila dan mengembangkan kembali menjadi tema-tema yang akan di padukan dengan mata pelajaran yang memiliki hubungan tema dengan kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Setelah itu direkapitulasi mata pelajaran yang bisa bergabung untuk mulai mempersiapkan silabus, RPP dan buku ajar sesuai dengan mata pelajaran yang berkolaborasi.

Berdasarkan itu maka para guru yang sudah mendapatkan teman mata pelajaran untuk kolaboratif langsung berdiskusi untuk membuat silabus, RPP dan buku ajar. Pada akhir pelatihan Ibu Ninik berkesempatan membahas salah satu hasil pekerjaan para guru yang berkolaborasi. Dari pembahasan tersebut semakin jelas langkah kerja dalam mempersiapakan pembelajaran kolaboratif.

Pada akhir pelatihan narasumber memberikan peneguhan bahwa pembelajaran kolaboratif akan bisa dijalankan dengan baik jika setiap mata pelajaran yang sudah terdata sebagai pembelajaran kolaborasi bisa mempersiapkan semua komponen yang harus ada sebelum pembelajaran kolaborasi tersebut dilaksanakan.

Semoga pembelajaran kolaboratif di SMPK Santa Maria II pada tahun pelajaran 2021-2022 bisa direalisasikan walauapun dengan perjuangan ekstra dalam mempersiapakan semua alat pembelajaran kolaboratif tersebut. Sekitar pukul 16.15 WIB para guru pun mulai meninggalkan ruang komputer untuk pulang ke rumah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *